Sulit Punya Anak? 5 Langkah Ini Mungkin Bisa Membantu

Posted by

Baca Juga

5 Langkah Ini Mungkin Bisa Membantu yang dapat membantu kehamilan - Memiliki anak merupakan dambaan bagi setiap pasangan yang telah menikah. Hanya saja, tak sedikit pula yang sampai saat ini belum memilikinya karena berbagai alasan.

Dr David Samadi, Direktur Departemen Urologi dari Lenox Hill Hospital, New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa penyebab pasangan menikah yang belum memiliki anak sebagian besar dikarenakan masalah sperma pria. Baik itu masalah kuantitas, kualitas, hingga daya tahan serta bentuk ternyata memengaruhi kemampuan untuk melakukan pembuasan.

"Untuk itu sangat penting bagi para pria yang merasa sulit untuk punya anak agar memeriksakan diri ke dokter. Hal ini penting untuk mengetahui apa penyabab utama masalah mereka," tutur Dr Samadi, seperti dikutip dari Huffington Post, Senin (10/8/2015).

Jika Anda belum merasa butuh untuk pergi ke dokter namun memiliki kekhawatiran seputar kesuburan, Dr Samadi memiliki 5 langkah yang bisa dilakukan. Apa saja? 

1. Berhenti merokok
Merokok, apapun jenisnya, sangat berpengaruh terhadap kesuburan. Hal tersebut bahka sudah jelas tercantum dalam setiap kemasan rokok yang dijual di pasaran.

Sama halnya dengan kebiasaan mengisap ganaja atau marijuana. Dr Samadi mengatakan kebiasaan merokok atau mengisap ganja akan membuat tubuh stres lebih cepat, dan memperburuk kualitas sperma.

2. Konsumsi asam amino
Memperbanyak konsumsi asam amino ternyata membuat sperma menjadi lebih sepat. L-arginine dan L-carnitine mungkin bisa membantu Anda menghadapi masalah soal kesuburan, meskipun harus tetap dalam pengawasan dokter.

Perbanyak juga konsumsi kacang Brasil, walnut dan almond. Kacang-kacangan jenis ini mengandung banyak selenium dan zinc yang membantu memperbanyak jumlah sperma.

3. Hindari makanan instan
Makanan instan, makanan siap saji ataupun makanan cepat saji berisiko membuat tubuh mengalami peradangan. Hal ini terjadi tubuh membuang lebih banyak nutrisi daripada yang diterima dari makanan-makanan tersebut.

Dr Samadi menyarankan untuk lebih banyak memakan buah, sayur dan makanan dengan indeks glikemik rendah. Coba juga untuk mengurangi asupan gula dan garam agar tidak berisiko terserang penyakit metabolisme dan kardivaskular yang berpengaruh terhadap kemampuan ereksi.

4. Produksi lebih banyak Testosteron
Hormon testosteron sangat berpengaruh terhadap produksi sperma Anda. Lebih banyak testosteron tentunya akan membuat sperma lebih baik dan lebih sehat.

Cara paling mudah untuk meningkatkan produksi testosteron adalah dengan sering olahraga dan aktif bergerak. Dr Samadi juga menganjurkan untuk makan buah delima karena mencegah hormon testosteron berubah menjadi estrogen.

5. Tidur nyenyak
Asal memenuhi kebutuhan tidur 7-8 jam sehari saja tidak cukup untuk menjaga kualitas sperma. Dr Samadi mengatakan bahwa tubuh juga harus terhindar dari paparan stres agar sperma dapat terproduksi dengan baik.

Anda juga boleh mencoba tidur tanpa celana dalam. Beberapa penelitian mengatakan celana dalam yang terlalu ketat akan membuat area selangkangan terasa lebih panas, dan mengurangi kualitas sperma yang dibuat oleh zakar.



Blog, Updated at: 20.24
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainya

Arsip Blog